Gejala Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi

Gejala Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi 1

Penyakit Jantung Bawaan

Gejala Penyakit Jantung Bawaan Pada Bayi

Penyakit jantung bawaan adalah nama masalah jantung yang dengannya orang dilahirkan.

Cacat jantung bawaan umumnya terjadi secara kebetulan, selama perkembangan kompleks jantung. Ada banyak jenis masalah gejala penyakit jantung bawaan, masing-masing memerlukan pendekatan perawatan gejala penyakit jantung yang berbeda.

Poin-poin penting

  • Gejala Penyakit Jantung bawaan mempengaruhi sekitar 1 dari 100 bayi, meskipun beberapa kondisi tidak didiagnosis sampai dewasa.
  • Jika Anda memiliki gejala penyakit jantung bawaan, bahkan jika Anda menjalani operasi di masa kecil Anda, Anda harus menerima perawatan lanjutan seumur hidup.
  • Pengobatan gejala penyakit jantung bawaan telah meningkat secara dramatis dalam 30 tahun terakhir dan sekarang ada banyak pilihan pengobatan gejala penyakit jantung yang tersedia.
  • Pastikan profesional kesehatan Anda memiliki pengalaman dalam mengelola kondisi gejala penyakit jantung bawaan dan bekerja sama dengan mereka untuk mengembangkan rencana perawatan terbaik untuk situasi Anda.

Penyebab gejala penyakit jantung

Cacat jantung kongenital biasanya merupakan kejadian kebetulan karena kegagalan kecil dalam perkembangan kompleks jantung. Jarang cacat jantung diwariskan, yaitu, terjadi karena gen yang rusak dari kedua orangtua. Beberapa penyebab gejala penyakit jantung bawaan yang diketahui meliputi:

  • Virus rubella (campak Jerman) dapat merusak jantung yang sedang berkembang. Seorang ibu yang melakukan kontak dengan rubella dalam tiga bulan pertama kehamilan harus berkonsultasi dengan dokternya.
  • Beberapa obat dapat menyebabkan kelainan gejala penyakit jantung. Jangan minum obat di awal kehamilan, kecuali atas anjuran dokter.

Hal-hal seperti memiliki ketakutan besar, menderita kecelakaan atau mengancam keguguran tidak menyebabkan cacat jantung bawaan. Bayi terlindungi dengan baik di dalam rahim dari sebagian besar pengaruh luar.

Bagaimana cara kerja jantung

Jantung adalah pompa dan fungsi utamanya adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Ini dipisahkan di sisi kiri dan kanan oleh partisi berotot (septum). Sisi kiri jantung memompa darah merah yang mengandung oksigen dan bahan bakar lain melalui arteri utama, atau aorta, ke arteri semua bagian tubuh.

Jaringan tubuh, seperti otot, otak, dan ginjal, menggunakan sebagian oksigen dalam darah, meninggalkannya dengan semburat biru. Darah “biru” (terdeoksigenasi) kembali dalam pembuluh darah ke sisi kanan jantung, yang memompakannya melalui arteri paru ke paru-paru. Di sini, darah menerima oksigen lagi, memulihkan warna merahnya, dan kembali ke jantung siap dipompa sekali lagi ke seluruh tubuh.

Katup penting untuk mengarahkan aliran.

  • Setiap sisi jantung memiliki ruang penerima (atrium) dan ruang pompa (ventrikel).
  • Seperti halnya pompa, katup diperlukan untuk menjaga aliran ke arah yang benar dan setiap sisi jantung memiliki dua katup, satu di setiap ujung ventrikel.
  • Katup di sisi kanan disebut katup trikuspid dan paru, dan katup di sisi kiri disebut katup mitral dan aorta.

Klik Disini:

Jenis kelainan jantung

Beberapa cacat jantung utama adalah:

Stenosis

Stenosis adalah penyempitan katup jantung yang signifikan. Ini berarti jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah melalui katup yang menyempit.

Koarktasio

Penyempitan aorta yang abnormal juga dapat terjadi. Koarktasio dikoreksi melalui pembedahan.

Regurgitasi

Ini juga disebut ketidakmampuan: regurgitasi adalah ketika satu atau lebih katup tidak menutup dengan benar, memungkinkan darah untuk kembali ke ruang jantung, yang menghasilkan beban tambahan pada jantung. Pembedahan mungkin diperlukan jika kerusakan katup parah.

Lubang di hati

Lubang-lubang dapat muncul di jantung dalam partisi otot antara atrium (cacat pada septum atrium) atau partisi antara ventrikel (cacat pada septum ventrikel). Lubang-lubang ini memungkinkan sejumlah besar darah abnormal mengalir ke sisi kanan jantung dan melalui paru-paru.

Jika lubangnya sangat besar, pembedahan mungkin diperlukan di masa kecil. Anak-anak dengan kelainan jantung besar akan mudah kehabisan nafas, memiliki kecenderungan untuk mendapatkan infeksi dada dan tidak akan menambah berat badan dengan mudah. Mereka yang memiliki lubang yang lebih kecil akan sering berkembang dengan memuaskan dan operasi dapat ditunda. Dalam beberapa kasus defek septum ventrikel, lubang mungkin menjadi lebih kecil saat anak tumbuh, sehingga operasi dapat dihindari sama sekali.

Ductus arteriosus persisten

Sebelum lahir, saluran atau saluran antara aorta dan arteri paru-paru memungkinkan darah untuk melewati paru-paru, yang tidak memiliki fungsi saat bayi masih di dalam rahim. Saluran ini biasanya menutup saat lahir, tetapi jika tidak, efeknya mirip dengan yang disebabkan oleh lubang di jantung. Ini relatif mudah diperbaiki.

Bayi biru

Ada serangkaian cacat yang lebih rumit di mana beberapa “biru” dan darah merah bercampur. Keputihan (sianosis) mungkin tidak ada sepanjang waktu, tetapi setiap bayi yang menjadi biru dan kehabisan nafas perlu memeriksakan jantungnya segera. Gejala penyakit jantung yang menyebabkan sianosis tidak dapat membaik dengan sendirinya, tetapi dalam kebanyakan kasus, cacat dapat dideteksi dengan USG dan dikoreksi dengan pembedahan.

Diagnosa gejala penyakit jantung

Dalam kebanyakan kasus, pemeriksaan medis dengan sinar-X jantung, elektrokardiogram (EKG) dan ekokardiogram akan cukup untuk memutuskan apakah cacat jantung memerlukan perawatan. Kadang kateterisasi jantung diperlukan. Dalam tes ini, dilakukan dengan anestesi, tabung khusus dilewatkan melalui arteri dan / atau vena untuk mengambil rekaman dan rontgen jantung. Ini akan memberikan ahli jantung dan ahli bedah jantung dengan pengetahuan rinci tentang struktur jantung sehingga mereka dapat memutuskan bentuk pengobatan gejala penyakit jantung terbaik.

Pengobatan gejala penyakit jantung

Pengobatan untuk gejala penyakit jantung bawaan telah meningkat secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Ini mencakup semua tindakan swa-bantu yang tercantum di bawah ini, serta berbagai operasi dan obat-obatan untuk membuat jantung Anda bekerja sebaik mungkin. Karena ada banyak variasi dalam jenis dan tingkat keparahan masalah gejala penyakit jantung bawaan, dokter Anda harus merekomendasikan pilihan perawatan terbaik untuk situasi khusus Anda.